Penerima Bantuan Pangan Non Tunai Prabumulih Kecewa Saldo Rekening Nol Rupiah

Penerima Bantuan Pangan Non Tunai Prabumulih Kecewa Saldo Rekening Nol Rupiah

Prabumulih  – rubrikini.co.id, Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di wilayah Kota Prabumulih pada Minggu pertama bulan puasa Ramadan tahun ini terpaksa harus gigit jari. Pasalnya, salah satu program bantuan pangan dari pemerintah yakni, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan melalui nomor rekening bank milik peserta setiap bulannya ditemukan kosong atau tidak ada saldo alias nol rupiah.

Akibatnya banyak warga, yang kecewa dan mempertanyakan kosongnya saldo rekening pada bantuan tersebut. Salah satunya S, ibu rumah tangga yang minta namanya tidak ditulis ini mengaku terkejut, saat hendak mencairkan uang BPNT di salah satu bank, rekening miliknya kosong tidak ada saldo.

“Capek pak ngantri la lamo, pas dicek rekening kami kosong, giliran kami betanyo apo masalahnyo katek yang biso jawab,” ketus warga Kelurahan Sukaraja ini, belum lama ini.

Dirinya pun terpaksa mengubur dalam-dalam, rencana bisa berhemat dengan membeli kebutuhan pangan lewat e-Warung KUBE PKH (kerja sama pedagang bahan pangan dengan Bank HIMBARA/Himpunan  Bank Milik Negara) selama bulan Ramadan.

Keluhan serupa juga disampaikan oleh Marni, warga Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. Sebelumnya, ia sangat berharap bisa pulang ke rumah membawa beras dan lauk pauk buat kebutuhan menjalani puasa Ramadan, namun ternyata nihil.

“La ngantri, keluar duit ngojek pulo, beras belum dapat,” ucapnya sembari menyeka keringat, karena kelelahan.

Namun sayang, ketika Tim Media Anggota SMSI Kota Prabumulih hendak melakukan konfirmasi terkait bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial ini, belum mendapat keterangan resmi terkait masalah tersebut. Beberapa kali mencoba menghubungi lewat pesan singkat Whatsapp dan nomor ponsel ke salah satu pengurus BPNT atau Koordinator Daerah (Korda), yakni Eb (inisial, red), sampai berita ini diturunkan belum memberikan jawaban.

Bahkan, belasan kali dihubungi yang bersangkutan tidak mencoba mengangkat telponnya meskipun dalam keadaan aktif. Begitupun, saat dichat WA, juga tidak memberikan balasan, walaupun pemberitahuan chat menunjukkan centang 2 tanda pesan sudah masuk.

Untuk diketahui bahwa program BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH. Lewat program ini, pemerintah pusat bertujuan agar dapat mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang seimbang bagi KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. (SMSIPrabumulih)
Keterangan Foto :
Kartu BPNT.
Editor : Heru Fachrozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *