Akhir Pekan Ramai – Ramai Bersih Bedegung

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Relawan bersama komunitas pecinta alam akhir pekan, Minggu (8/3/2020), ramai – ramai membersihkan sekitaran ligkungan Kawasan Wisata Air Terjun Bedegung, Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim, dalam kegiatan Clean Up Day Tour de Bedegung.

Mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, Juarsah, Asiste II Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Amrullah Jamaludin, mengatakan Clean Up Day Tour de Bedegung bagian dari Colurful Muara Enim Festival tahun 2020 dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar Muara Enim serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif (ekraf).

Diharapkan dengan Clean Up Day Tour de Bedegung diadakan di Bedegung ini, karena Bedegung merupakan ikon wisata, sehingga untuk menimbulkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Muara Enim kebersihan lingkungan harus dijaga.

Keterlibatan relawan, komunitas, Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) dan lain sebagainya menjaga potensi wisata sama halnya dengan potensi pengembangan geothermal, dalam meningkatkan  pertumbuhan ekraf yang mempunyai kontribusi besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan ada multiplier effect menggerakan perekonomian di masyarakat khususnya di Muara Enim.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder, relawan dan komunitas semoga bisa menyampaikan keluar potensi wisata Bedegung,” ucap Amrullah.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Muara Enim, Isdrin, Penanggung Jawab Acara, mengatakan Clean Up Day Tour de Bedegung dipusatkan di Bedegung sebagai ajang promosi Bedegung di tingkat nasional bahkan bisa diterima masyarakat dunia.

Dalam aksi bersih di Bedegung, yang melibatkan 25 relawan dengan kegiatan aksi bersih, camp komunitas dan lomba foto selfi clean up. Kemudian, dalam waktu sama di Taman Adipura Kota Muara Enim sebanyak 50 peserta memeriahkan Serasan Betta Kontes.

“Disela lomba Serasan Betta Kontes atau lomba ikan cupang hias, peserta Serasan Betta Kontes diajak ke Bedegung sebagai ajang promosi Bedegung kepada peserta, karena peserta Serasan Betta Kontes ada yang berasal dari luar Muara Enim seperti Bali, Bengkulu, dan Jember,” ujar Isdrin.

Sementara itu, Kepala Desa Bedegung, Pinauli, atas nama masyarakat Desa Bedegung mengucapkan terima kasih atas seluruh insan atas kepeceryaan menempatkan Desa Bedegung untuk kegiatan ini.

“Semoga objek wisata Bedegung bisa diandalkan dari Kabupaten Muara Enim, hingga dikenal oleh provinsi lain, nasional bahkan internasional,” harap Pinauli. (ri-zi)

Keterangan Foto : Peserta Clean Up Day Tour de Bedegung saat melakukan aksi bersih lingkungan sekitar Kawasan Air Terjun Bedegung. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *