Sekda : Komitmen Pemkab Cetak Wirausaha Baru 2 Ribu Pertahun

Sekda saat membuka pelatihan tomat. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Juarsah,  diwakili Sekda Muara Enim, Hasanuddin, membuka pelatihan tomat, Kamis (28/11), di Aula Griya Hotel Serasan Sekundang.

Pada acara yang digelar Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Pelatihan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dinas Koperasi Dan UMKM Sumatera Selatan (Sumsel) ini turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Muara Enim, Surdin dan Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Wawan Darmawan.

Dihadapan 40 peserta pelatihan tomat, Sekda mengucapkan terima kasih kepada UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Sumsel yang sudah menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai tempat pelatihan tomat.

Disampaikan Sekda memang tidak salah UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Sumsel memilih Kabupaten Muara Enim menjadi tempat pelatihan tomat, karena memang di Kabupaten Muara Enim banyak menghasilkan tomat, dengan Kecamatan penghasil tomat meliputi Semende Darat Ulu, Semende Darat Tengah, Semende Darat Laut dan Gelumbang.

Dengan adanya pelatihan tomat ini, secara otomati membantu para petani tomat untuk terus eksis bahkan bisa melakukan lompatan lebih jauh, misal dengan membuat kreasi hasil dari produk tomat.

“Tidak hanya itu, pelatihan tomat ini sangat selaras dengan visi pembangunan Kabupaten Muara Enim lima tahun kedepan dimana akan mencetak 10 ribu pelaku usaha baru dengan rincian 2 ribu mencetak wirausaha baru,” kata Sekda.

Ditambahkan Surdin pelatihan tomat dari 28 – 30 November 2019 ini melibatkan peserta dai petani dan kelompok tani. Sehingga outputnya nanti para peserta bisa membuat produk olahan dari tomat berupa saus tomat.

“Untuk saat ini pelatihan manajemen olahan tomat, mungkin tahun depan akan diberikan peralatannya,” harap Surdin.

Sementara itu, Wawan Darmawan, mengatakan pelatihan tomat ini merupakan upaya membantu kebutuhan dari Kabupaten Muara Enim untuk menciptakan pelaku usaha baru khususnya skill pada usaha pengelohan tomat, sebelumnya di Kabupaten Muara Enim telah diadakan pelatihan pengolahan buah nanas. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *