Tunggu Tubang Culture Festival Berlangsung Semarak

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Juarsah, saat membuka kegiatan Tunggu Tubang Culture Festival. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Kemeriahan dan semaraknya acara Tunggu Tubang Culture Festival tersaji di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Rabu (30/10/2019).

Gelaran adat istiadat Tunggu Tubang Culture Festival yang masuk agenda Muara Enim Colorful Festival tahun 2019 langsung dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel),  Herman Deru didampingi isteri Febi Deru, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim,  Juarsah, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Pimpinan Daerah Kabupaten / Kota se-Sumsel, Tim Penggerak PKK se-Sumsel, Perwakilan Perusahaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Muara Enim, Juarsah, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Perwakilan dari Kabupaten / Kota Tetangga dalam acara Tunggu Tubang Culture Festival.

Disampaikan Plt. Bupati Muara Enim, Juarsah, bahwa acara Tunggu Tubang Culture Festival merupakan acara yang menampilkan adat Kabupaten Muara Enim dari marga Semende, Pernikahan Semende, Tunggu Tubang.

Di Kabupaten Muara Enim ada banyak marga seperti Tembelang, Lawang Kidul, Alai, Benakat, dan Kartamulya. Dan yang ditampilkan saat ini, dalam Muara Enim Colorful tahun 2019 digelar Tunggu Tubang Culture Festival yang berasal dari 3 Semende meliputi Semende Darat, Semende Laut dan Semende Tengah.

Suku Semende mewariskan sistem materenial dimana mewariskan garis ibu. Dimana seorang anak perempuan yang menjaga harta orang tua yang bernama Tunggu Tubang. Akan tetapi, bila tidak ada anak perempuan bisa ngangkit atau ambil dari isteri anak, yang kemudian perempuan atau isteri anak menetap di kediaman laki – laki untuk menjadi tunggu tubang.

Dalam adat pernikahan Tunggu Tubang Culture Festival dilaksanakan acara – acara adat mulai naikan rasan hingga agung yang menjadi acara puncak dari pernikahan Tunggu Tubang Culture Festival.

Acara Tunggu Tubang ini merupakan upaya mendukung Kabupaten Muara Enim menjadi wisata unggulan di Kabupaten Muara Enim dan  dikancah Nasional yang merupakan daya pikat di Bumi Serasan Sekundang.

“Kegiatan seperti ini menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama bukan hanya Pemerintah dan Budayawan, tanggung jawab bersama. Targetnya, dengan Tunggu Tubang Culture ini bisa masuk dalam agenda Wonderful Indonesia,” kata Plt. Bupati Muara Enim, Juarsah.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, SH, mengaku bangga dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang peduli dengan kearifan lokal dengan menggelar Tunggu Tubang Culture Festival.

Gubernur Sumsel, Herman Deru,  mengatakan bahwa ditengah gencarnya masuknya budaya asing, perlu kemauan dari semua mengantisipasinya, dengan kegiatan Tunggu Tubang seperti ini yang sangat baik mengandung filosopi, sejarah, dan edukasi.

“Kepada Bapak Juarsah, acara seperti ini diperbanyak lagi, dan jangan lupa libatkan masyarakat di setiap kegiatan,” pinta Gubernur Sumsel, Herman Deru. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *