Panen Raya Dan Tanam Perdana IP 200, Juarsah : Untuk Mewujudkan Muara Enim Lumbung Pangan

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Berada di lahan sawah seluas 2000 hektar dilakukan penanaman perdana padi IP 200 program SERASI 2019 dan dilakukan panen raya di Desa Arisan Musi Timur, Kecamatan Muara Belida, Rabu (18/9/2019).

Juarsah saat melakukan pemanenan padi.

Kedua event besar tersebut langsung dihadir Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Firli Bahuri, Kasdam II Sriwijaya, Brigjend TNI Syafrial dan Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Juarsah.

Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Gubernur Sumsel, dan Kapolda Sumsel saat melakukan penanaman padi IP200.

Saat memberikan sambutan, Juarsah mengatakan ini merupakan awal yang baik untuk kembali mewujudkan Provinsi Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan Nasional. Kemudian, Kabupaten Muara Enim sendiri di tahun 2019 ini menargetkan produksi padi sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan luas panen 39.577 hektare (ha) dan produktivitas rata-rata 47,01 kw/ha.

Juarsah mencoba hand tractor bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel.

Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh petani untuk lebih meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di tahun 2019 ini, sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat dicapai.

Kasdam II Sriwijaya ikut melakukan penanaman IP200.

“Semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya untuk dapat mewujudkan Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu Daerah Lumbung Pangan di Provinsi Sumatera Selatan dan yang pastinya untuk peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani di Kabupaten Muara Enim,” kata Juarsah.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) yang diluncurkan pada bulan Mei lalu di Provinsi Sumsel sudah terealisasi kurang lebih 70.000 hektare dari target 200.000 hektare lahan. Ia optimis dengan akselarasi ini Provinsi Sumsel akan mengulang kembali kejayaannya seperti di tahun 2007 silam yaitu sebagai Daerah Lumbung Pangan Nasional.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono dan Sekda Muara Enim Hasanudin ikut dalam panen raya dan penanaman padi IP200.

“Tahun ini target produksi kita minimal harus masuk 3 besar bahkan menjadi terbesar Nasional pada tahun 2020 nanti. Target ini sangat mungkin sekali kita capai karena sekarang saja di Muara Enim program ini telah meningkatkan produksi gabah kering panen dari sebelumnya 4,5 ton kini menjadi 7 ton lebih tiap hektarenya,” ulas Herman Deru.

Pada momen ini, tidak hanya panen dan menanam padi, Herman Deru menyerahkan sejumlah bantuan kepada para petani seperti bibit dan benih padi, lalu pupuk serta hand tractor secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida. (ri-zi/Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *