Bersinergi, PTBA Dan PWI Sumsel Gelar UKW

Pengukuhan peserta secara simbolis oleh Deputy GM UPTE PTBA, Mochamad Taufik. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Bertempat di Gedung Serba Guna Tanah Putih Bukit Asam Tanjung Enim, Rabu (11/9/2019), PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) 11 hingga 12 September 2019.

Saat membuka kegiatan, Deputy General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim (GM UPTE) PTBA, Mochamad Taufik didampingi Manager Humas, Efensi, dan Asisten Humas Spesialis Hubungan Pemerintah dan Media Muda, Muhamad Saman, berharap melalui pelaksanaan UKW ini, peserta yang lulus UKW dapat lebih kompeten dalam menulis berita dan menjunjung profesionalitas sebagai pekerja media, sehingga terjalin sinergitas yang kuat antara Bukit Asam dengan media.

“Selain peserta mengikuti ujian praktik dan simulasi, juga melakukan kunjungan ke lokasi tambang Bukit Asam,” kata Taufik.

Sementara itu, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Oktaf Riyadi,
mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memfasilitasi seluruh pelaksanaan UKW ini.

30 peserta UKW jenjang Muda dan Madya bersama Manajemen PTBA dan Pengurus PWI Sumsel. (ri-zi)

Oktaf menyebutkan hingga tahun ini tercatat 11.117 wartawan sudah memiliki sertifikat kelulusan UKW sejak dimulainya program pada tahun 2012, kemudian se-Indonesia sudah 409 pelaksanaan UKW serta mencapai 80 persen wartawan bersertifikat UKW dari 14.000 insan media anggota PWI se-Indonesia.

“Kalau kali ini 100 persen peserta lulus, maka akan menambah kuota nasional wartawan yang memiliki kompeten dan profesional,” ujar Oktaf.

Ditambahkan Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, bahwa menggelar UKW merupakan kali pertama kerjasama antara PWI Sumsel dengan PTBA.

Disampaikan Firdaus, ini UKW ke-26 dan untuk tahun 2019 kerjasama dengan PTBA yakni UKW ke-5 yang pesertanya berasal dari Palembang, Prabumulih, Muara Enim dan Lahat. Selain itu, PWI Sumsel sudah berhasil meluluskan tidak kurang dari 350 pekerja media dari 800 insan pers yang terdaftar sebagai anggota PWI Sumsel.

“Selama ini yang menjadi kendala pelaksanaan UKW yakni menyangkut biaya yang cukup menguras kantong, minimal Rp 2 juta per peserta. Dengan adanya pihak – pihak yang menjadi Bapak Asuh, seperti yang dilakukan oleh Bukit Asam tentu sangat membantu kami dalam meningkatkan skill dan knowledge wartawan,” ungkap Firdaus. (ri-zi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *