Puteri Indonesia Lingkungan Meriahkan HLHS PTBA

Vania saat mengisi workshop HLHS PTBA. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Putri Indonesia Lingkungan tahun 2018, Vania Fitryanti Herlambang, memeriahkan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2019 yang digelar PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, di Gedung Serba Guna Bukit Asam Tanjung Enim, Sabtu (10/8/2019).

Vania sapaan akrab duta lingkungan hidup Indonesia ini pada momen ini berbagi cerita dengan masyarakat Tanjung Enim dan sekitarnya dalam workshop bertemakan lingkungan.

First Runner Up Pertama Putri Indonesia tahun 2018 ini mengatakan ada dampak positif akan kehadirannya, karena dengan status model dan duta, masyarakat ikut juga serta menjaga kebersihan lingkungan. Sejak menjadi duta lingkungan dia tidak bosan mengajak masyarakat yang dijumpainya di seluruh Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan, mulai dari sosialisasi, hingga bersih – bersih sungai dan laut dari tumpukan sampah plastik dan sebagainya.

Suhedi didampingi Suryadi bersama Vania dan pemenang lomba dalam rangka HLHS tahun 2019 digelar PTBA. (ri-zi)

Menurut lulusan sarjana teknik kimia Institut Teknologi Bandung ini upaya pelestarian lingkungan perlu adanya berkesinambungan antara pemerintah dan masyarakat. Artinya, masyarakat harus menjaga habbit atau kebiasaannya menjaga lingkungan dan pemerintah disentil dengan membuat regulasi.

Misalnya, pentingnya penggunaan transportasi umum untuk mengurangi emisi polusi udara. Masyarakat harus terbiasa menggunakan kendaraan umum dengan di change atau ganti kendaraan pribadi atau menggunakan sepeda. Karena, kalo kendaraan umum biasanya rutin tes uji emisi dari pada kendaraan pribadi misal motor maupun mobil.

Kemudian, aksi beat air pollution sendiri bisa dilakukan dengan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sejumlah titik. Sebab dengan memperbanyak RTH mencegah resiko gangguan sistem pernafasan, kanker hingga gangguan penyakit pada ibu hamil.

“Kebiasaan lainnya, mulailah dari diri sendiri dengan jangan gengsi melakukan pengelolaan sampah, buang sampah pada tempatnya, hingga membawa kantong sediri apabila membuang sampah organik maupun anorganik,” ujar wanita berusia 22 tahun ini.

Sementara itu, General Manajer Unit Pertambangan Tanjung Enim, Suhedi, mengatakan sejumlah kegiatan HLHS tahun 2019 yang diadakan PTBA sesuai dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan energi
yang peduli lingkungan.

“Sesuai dengan edaran BUMN tahun lalu mengambil tema melawan sampah plastik dan tahun memerangi polusi udara, intinya melestarikan dan kesinambungan. Sebab bagaimana mau sehat, bagaimana kita peduli terhadap lingkungan kalau tidak dimulai dari diri sendiri, Insya Allah kita semakin sehat,” ungkap Suhedi.

Ditambahkan Suryadi, Ketua HLHS 2019 PTBA,  rangkaian kegiatan HLHS PTBA tahun ini diisi sejumlah kegiatan mulai dari upacara, lomba foto dan poster lingkungan, lomba cepat tepat, green school dan green workshop, aksi bersih sungai enim, lomba inovasi lingkungan, pameran stand lingkungan dan workshop lingkungan hidup. (ri-zi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *