PTBA Komunitas Hingga Masyarakat Antusias Bersihkan Sungai Enim

Peserta lomba antusias mengambil sampah di sungai Enim. (ri-zi)

MuaraEnim- rubrikini.co.id, Pada Minggu (28/7/2019), sekitar pukul 09.00 WIB sepanjang aliran sungai Enim dari Pulau Yahya, Talang Gabus hingga Taman Love di Kecamatan Lawang Kidul dipadati dengan perahu – perahu rakit maupun karet yang bersemangat menjemput tumpukan sampah. Antusias ini digagas PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, bersama Komunitas se-Sumatera Selatan dan masyarakat Kecamatan Lawang Kidul

Peserta lomba kategori perahu karet semangat menjemput sampah. (ri-zi)

yang ingin membersihkan sungai Enim dari kotoran sampah.

Panitia lomba menimbang sampah yang diangkut peserta. (ri-zi)

Saat membuka kegiatan Lomba Aksi Bersih Sungai Enim tahun 2019 bertema Beat Air Pollution, di Taman Love, General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim (GM UPTE) PTBA, Suhedi, mengatakan bahwa kegiatan bersih – bersih sungai Enim dari sampah ini bagian dari PTBA memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Ketua Panitia, Suryadi, memberikan hadiah kepada pemenang lomba. (ri-zi)

Suhedi meminta aksi melawan sampah ini baik sampah plastik maupun sampah jenis lainnya bukan hanya di saat lomba seperti ini saja, tetapi menjadi awal untuk kedepan menjadi kebiasaan kita untuk peduli akan kebersihan sungai.

“Kegiatan ini, aksi nyata kepedulian perusahaan untuk pengelolaan lingkungan menuju perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan,” tukas GM UPTE.

GM UPTE PTBA, Suhedi menyampaikan sambutan. (ri-zi)

Ditambahkan Ketua Panitia Lomba Aksi Bersih Sungai Enim, Suryadi, bahwa lomba aksi bersih sungai Enim selama satu hari  yang dihelat PTBA Tbk,  untuk mengingat pentingnya air sebagai sumber kehidupan.

“Untuk kategori rakit lokal pesertanya ada 130 tim berasal dari Kecamatan Lawang Kidul, sedangkan untuk karet ada 16 tim berasal Komunitas se-Sumatera Selatan dari Lahat, Pagar Alam , Banyuasin, Baturaja, dan OKU Selatan,” sebut Suryadi.

Pada kesempatan ini turut hadir mewakili Bupati Muara Enim, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Asmawi, Camat Lawang Kidul, Rachmad Noviar didampingi Sekretaris Camat Lawang Kidul, Safranudin, Perwakilan TNI/Polri dan Para Dewan Juri.

Dalam arahannya, Asmawi mengatakan seraya meminta kepada PTBA bahwa kedepan acara seperti ini untuk ditingkatkan dan dipertahankan serta dibuat pula acara – acara yang lebih kurang sama wujud peduli lingkungan.

“Terima kasih kepada PTBA atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang telah mengadakan lomba aksi bersih sungai Enim,” ucap Asmawi.

Sementara itu, Alvin Akmal, Pewakilan Dewan Juri, mengatakan untuk kategori yang dilombakan meliputi lomba mengambil sampah di sungai sebanyak mungkin dengan cara ditimbang, dan kemudian juga dilombakan kategori lomba rakit hias.

Pantauan dilapangan para kontestan lomba aksi bersih sungai Enim seperti BPBD Muara Enim, MAPATERA, RANAU RANTING, RAPITA, KABUPATEN LAHAT, selain diikuti Tim Rakit Lokal.

Berikut nama pemenang berdasarkan informasi dari Panitia Lomba Aksi Bersih Sungai Enim HLHS tahun 2019 PTBA yaitu kategori Lomba Rakit Hias diraih Ari Cs dan Doni Cs, kategori Lomba Rakit Lokal Juara 1 diraih Eko Cs, Juara 2 diraih Ujang Cs, Juara 3 diraih Heriadi Cs, dan Juara 4 diraih Sandi Cs. Kemudian, kategori Perahu Karet Juara 1 diraih Deki Cs berat sampah 300 kg, Juara 2 diraih Mashuri Cs berat sampah 250 kg, Juara 3 diraih Yayan Cs berat sampah 209 kg, dan Juara 4 diraih Dani Cs berat sampah 195 kg. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *