Siti Herawati saat menyampaikan sambutan. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Bupati Muara Enim, Ahmad Yani, melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja, Siti Herawati, mendukung dan menyambut baik adanya rapat kerja tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang digelar di Ballroom Sintesa Hotel Muara Enim, Rabu (19/6/2019).
Siti Herawati mengatakan dengan rapat kerja ini akan tercipta sinergi bersama – sama dalam pengawasan orang asing. Kemudian, adanya kegiatan seperti ini akan mampu guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia didalam penegakan kedaulatan dan penegakan hukum dalam pengawasan orang asing.

Hal ini sesuai dengan Undang – undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian bahwa dalam melakukan pengawasan keimigrasin di wilayah Indonesia perlu pengawasan dengan dibentuk tim dari Pusat hingga Daerah yang sifatnya vertikal dan horizontal.

“Selain itu, ajang seperti ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar instansi hingga terjalin kerjasama yang baik untuk kinerja masing – masing,” jelas Siti.

Ditambahkan Kepala Imigrasi Non TPI, Tel Maizul, didampingi Ketua Pelaksana, Amrullah yang juga menjabat Kasi Intelijen Imigrasi Kelas II Muara Enim, bahwa rapat kerja ini bertujuan untuk sharing informasi melalui pengawasan bersama terhadap orang asing sesuai tugas fungsi.

“Lalu lintas terhadap orang asing serta pengawasan demi penegakan kedaulatan menjadi tanggung jawab kita bersama,” tegas Tel Maizul.

Sementara Amrullah mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa dijadikan wadah saling tukar informasi orang asing sesama anggota Tim PORA sehingga tercipta sinergi kesamaan persepai secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga kecamatan.

“Untuk peserta rapat kerja berjumlah 40 orang perwakilan dari Muara Enim, Lahat dan Penukal Abab Lematang Ilir. Sedangkan narasumber dari Kepala Bidang Intelijen Kemenkum HAM Sumsel, Syachril,” ungkap Amrullah. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *