Menteri Edhy Prabowo Ingin Jadikan Muara Enim Sentral Perikanan Air Tawar

Jakarta – rubrikini.co.id, Dalam lawatan dinas Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, Juarsah, dan rombongan ke Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) di Gedung Mina Bahari IV Lantai 16 KKP RI, Senin (27/7/2020), mendapat janji manis dari Menteri KKP RI, Edhy Prabowo, yakni Menteri asal Kabupaten Muara Enim bertekad ingin menjadikan Bumi Serasan Sekundang menjadi sentral perikanan air tawar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Edhy Prabowo mengatakan untuk menuju Kabupaten Muara Enim sebagai sentral perikanan air tawar di Sumsel harus dilakukan dengan penuh perencanaan, komitmen bersama dan tekad yang kuat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

Tidak hanya itu, menjadikan Kabupaten Muara Enim menjadi sentra perikanan air tawar harus didukung oleh seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Muara Enim. “Artinya, perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk bisa berkontribusi dalam rangka pengelolaan perikanan dan pengembangan ikan tawar di Kampung Perikanan Muara Belida di Kabupaten Muara Enim demi kemajuan bersama,” tegas Edhy Prabowo.

Menteri KKP RI ini juga mendukung pengembagan pariwisata yang sifatnya kerakyatan seperti Wisata Air Terjun Bedegung.

Menteri KKP RI mengatakan bahwa sudah sejak lama ingi mengembangkan potensi alam yang ada di Tanjung Enim, termasuk wisata Bedegung. Kemudian, dalam mengelola wisata harus konsisten, terkait penginapan, pelayanan dengan wisatawan, serta fasilitas yang ditawarkan.

Sementara itu, Plt. Bupati didampingi Kepala Dinas Perikanan Muara Enim, Teguh Sumitro,  dan Jajarannya, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan dukungan dari Menteri Edhy Prabowo dalam menggiat potensi wisata dan pengembangan perikanan air tawar di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Plt. Bupati berharap dengan pengembangan kawasan perikanan yang ada di Kabupaten Muara Enim dan Kampung Perikanan di Kecamatan Muara Belida menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai pusat sentral perikanan air tawar, dalam pengembangan budidaya perikanan dan edukasi perikanan yang handal di Provinsi Sumsel.

Ditambahkan Kepala Dinas Perikanan Muara Enim, Teguh Sumitro, mengharapkan bantuan KKP RI dalam pemenuhan kebutuhan penyuluh perikanan ASN maupun penyuluh perikanan bantu (PBB), kemudian diminta kepada KKP RI untuk pemenuhan bibit bagi nelayan di Kampung Perikanan Wilayah Kecamatan Muara Belida, terhadap jalan dan listrik wilayah disana diharapkan bantuan pembuatan jalan yang bisa membuka akses ke kampung nelayan. (ri-zi)
Keterangan Foto :
Plt. Bupati dan jajaran saat audiensi bersama Menteri KKP RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *