Mempersulit Memintai Uang, Lapor Di IKM Pintar

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Kamis (23/7/2020), resmi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim memiliki sistem Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Penilaian dan Komentar (Pintar).

IKM Pintar diresmikan langsung Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, Juarsah.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Made Nur Hepi Juniartha, mengatakan bahwa adanya IKM Pintar ini guna menjadi wadah adanya komplain dan komentar dari masyarakat dalam melakukan pembuatan passport. Artinya, dengan IKM Pintar ini masyarakat bisa langsung memberikan informasi kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI yang terjaga kerahasiaan dari pemberi informasi bila ada yang tidak baik atau mempersulit dalam pembuatan passport.

Foto 2.

“Bila tidak baik, mempersulit memintai uang, masyarakat jangan khawatir, masyarakat bisa komplain di IKM Pintar ini dijaga kerahasiaan pemberi informasi karena informasi langsung masuk ke Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim. Bahkan saya bisa print langsung bila ada komplain tiap harinya,” kata Made.

Lanjut Made, dengan IKM Pintar ini harapannya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, semoga masyarakat lebih senang lagi ke Kantor Imigrasi membuat passport dan juga buat intropeksi. IKM Pintar ini juga bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), selain adanya Siduk Capil.

Di Siduk Capil ini, memfasilitasi masyarakat yang saat ini terasa terpimpong dalam pembuatan passport. Kerjasama dengan Dinas Dukcapil Muara Enim kekurangan data yang dialami masyarakat yang dibutuhkan dalam pembuatan passport cukup dengan Siduk Capil. Misal, masyarakat tidak memiliki KTP atau KK cukup dengan Siduk Capil bisa tertangani tanpa terpimpong.

Ditempat sama, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum HAM Sumatera Selatan (Sumsel) diwakili Kepala Divisi Imigrasi, Sapar Muhamad Godam, atas nama Kanwil Hukum HAM Sumsel mengucapkan terima kasih atas sinergi positif dari Pemkab Muara Enim dengan adanya bantuan hibah ruang pelayanan.

“Saya harapkan dengan hibah yang diterima ini, bisa mendukung pelayanan publik dalam pembuatan passport di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim,” harap Sapar.

Sementara itu, Plt. Bupati berharap dengan adanya IKM Pintar dan kerjasama Siduk Capil ini, bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam hal peningkatan pelayanan publik Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim dalam pembuatan passport.

Plt. Bupati mengatakan upaya yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim merupakan semangat Reformasi Birokrasi yang diperlukan kerja keras untuk memperbaiki dan mempercepat melalui peningkatan sumber daya aparatur. Terlebih, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim hendak mewujudkan WBBM.

Menyajikan inovasi imigrasi dan dukcapil melalui Siduk Capil nantinya tidak mensusahkan masyarakat dalam memvalidasi data sehingga mudah membuat passport. Kemudian, IKM Pintar ini sangat positif dan luar biasa.

“Atas nama Pemkab Muara Enim, sangat mengapresiasi kebijakan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim dalam berinovasi yang berguna memfasilitasi keterbatasan masyarakat, dan adanya hibah rehab ruang pelayanan ini sebagai wujud apresiasi dan dukungan masyarakat Kabupaten Muara Enim dan Pemkab Muara Enim kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim,” ucap Plt. Bupati. (ri-zi)
Keterangan Foto :
Foto 1 : Plt. Bupati meresmikan IKM Pintar. (ri-zi)
Foto 2 : Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI memberikan sambutan. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *