Tanam 3100 Pohon Di Hutan Kalamudin Djinab

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni tahun ini, PT Bukit Asam (PTBA) Tbk menanami Taman Hutan Rakyat (Tahura) H. Kalamudin Djinab dengan 3100 pohon menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Jumat pagi (26/6/2020).

Disela kegiatan, General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim PTBA, Suhedi  mengatakan kegiatan pagi ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh 5 Juni dan merupakan kegiatan rutin tiap tahun.

Foto 2.

Sebenarnya ada banyak kegiatan dilakukan PTBA memperingati HLHS diantaranya Green Mining dengan penanaman 3100 pohon di Blok 1 hingga Blok 5 di Tahura H. Kalamudin Djinab seluas 34,5 hektare, yang hari ini simbolis ditanam senbanyak 1000 batang dengan jenis tanaman lokal, endemik, meranti dan duren.

Foto 3.

“Dengan Green Mining ini, jangan sampai ada citra menambang itu merusak, ada juga penghijauannya. Usai penanaman ini, bersama Pemkab Muara Enim, PTBA tetap melakukan pengawasan terhadap tanaman yang sudah ditanam,” kata Suhedi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, Juarsah, mengatakan bahwa saat ini kita dihadapkan pada kenyataan lingkungan yang sebagian telah rusak, seperti pembukaan lahan dan hutan yang tidak terkendali, cuaca ekstrim dan tidak teratur lagi, serta kegiatan – kegiatan yang dapat mengakibatkan pemanasan global. Hal ini pertanda kondisi lingkungan kita sudah mengalami degradasi.

Oleh sebab itu, kita mempunyai kewajiban untuk melakukan perbaikan lingkungan dan melestarikan lingkungan yang merupakan titipan anak cucu kita.

Foto 4.

Pagi, ini Pemerintah Daerah berkomitmen dan bersinergi bersama – sama PTBA melakukan penanaman pohon agar menjamin keberlanjutan pembangunan melalui program perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Foto 5.

“Hal ini sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Muara Enim yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat, dan sejahtera atau Merakyat,” kata Plt. Bupati. (ri-zi)
Keterangan Foto :
Foto 1 : Suhedi dan Plt. Bupati disela kegiatan Green Mining PTBA. (ri-zi)
Foto 2 : Suhedi dan Plt. Bupati saat penanaman pohon. (ri-zi)

Foto 3 : GMUPTE PTBA disela Green Mining. (ri-zi)

Foto 4 & Foto 5 : GMUPTE PTBA bersama Plt. Bupati dan Jajaran. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *