PLTS Irigasi Karang Raja Resmi Beroperasi

PLTS Irigasi Karang Raja Resmi Beroperasi

MuaraEnim, rubrikini.co.id – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi bantuan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk petani padi di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim resmi beroperasi.


Peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang dilakukan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA Suherman didampingi Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim PTBA Venpri Sagara, Kepala Desa Karang Raja Okta Vianty, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, Kepala Dinas Pertanian Muara Enim Ulil Amri, dan Plt. Camat Muara Enim Husni Thamrin.
Turut hadir pada kesempatan ini, Vice President Sustainability PTBA Hartono bersama Jajarannya dan Pengurus PLTS Irigasi Karang Raja.


Mengawali sambutannya, Direktur SDM PTBA Suherman mengatakan bahwa pembangunan PLTS Irigasi di Desa Karang Raja merupakan bentuk kontribusi nyata dari PTBA untuk membangun Energi Baru Terbarukan (EBT) kepada masyarakat di Kabupaten Muara Enim dan menjadi komitmen Perusahaan untuk masyarakat ring 1 agar bermanfaat untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di wilayah operasi PTBA.
Sebagaimana kegiatan ini merupakan tujuan mulia dari Perusahaan untuk meningkatkan peradaban.
Ia menuturkan bahwa PLTS irigasi di Desa Karang Raja menjadi PLTS yang ke-6 yang sudah dibangun PTBA, sebelumnya PLTS Tanjung Raja, PLTS Ombilin, 2 PLTS di Lampung, dan PLTS di Muara Lawai Muara Enim yang masih berproses.
Pada PLTS irigasi Karang Raja ini pembangunannya dimulai September 2022 dan selesai Februari 2023 dengan kapasitas 38 Kilowatt (KW) Peak yang berada diarea lahan seluas 132 meter persegi dan luas area persawahan bisa teraliri air dengan suplai pompa mencapai 35 hektar.
“Selama ini masa tanam 1 hingga 2 kali setahun, kedepan jaminan bisa 2 sampai 3 kali setahun Insya Allah meningkat masa tanam padi. Karena tidak ada kendala walaupun musim kemarau dengan adanya suplai pompa air,” ungkapnya.
Oleh karena itu, lanjut Suherman keberadaan PLTS irigasi sangat besar manfaat ekonomi untuk 121 petani padi di Desa Karang Raja, selain PLTS ini mendukung pertanian ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon yang dicanangkan Pemerintah yaitu Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060.
Tidak lupa atas nama PTBA, dirinya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Karang Raja yang sukarela menghibahkan lahannya untuk dijadikan lokasi pembangunan PLTS semoga menjadi amal baik.
“Kami berharap dengan telah diresmikan penggunaan PLTS, diharapkan masyarakat bisa merawat bersama-sama sehingga manfaatnya dapat kita optimalkan,” pungkasnya.
Sementara itu, Plt. Bupati mengapresiasi atas kontribusi positif yang tidak main – main diberikan PTBA dengan membangun PLTS irigasi di Desa Karang Raja, tidak hanya menghadirkan tapi juga mempelopori PLTS ini.
“Menjadi kebanggaan Pemerintah Kabupaten Muara Enim adanya PLTS ini, diminta kepada Kepala Desa dan perangkatnya tolong dijaga betul dan dirawat agar tidak mangkrak PLTS ini,” himbaunya.
Sementara, Kepala Desa Karang Raja atas nama masyarakat dan petani mengucapkan terima kasih kepada PTBA membangun PLTS yang memang diperlukan petani padi untuk menambah waktu tanam.
“Para petani siap kerja samanya dalam memegang amanah ini dan siap melanjutkan tugas untuk pengelolaan PLTS dengan baik,” ujarnya. (ri-zi)
Foto : Peresmian PLTS Irigasi Karang Raja. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.