Buku Profil Gender Dan Anak Diharapkan Asisten Bisa Ditindaklanjuti OPD

Buku Profil Gender Dan Anak Diharapkan Asisten Bisa Ditindaklanjuti OPD


MuaraEnim, rubrikini.co.id – Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Maryana mewakili Sekda Muara Enim membuka kegiatan paparan akhir penyusunan buku profil gender dan profil anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim tahun 2022 di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Kamis (17/11/2022).
Menurut Asisten bahwa dalam perspektif gender data terpilah menyajikan data jenis kelamin yang menekankan pada Pengarus Utamaan Gender (PUG) dan Pengarus Utamaan Hak Anak (PUHA) yang merupakan langkah awal dengan data terpilah dan akuntabel untuk melihat permasalahan gender dan anak khususnya yang terjadi di Kabupaten Muara Enim.
Ia mengatakan buku profil gendut yang disusun harus dipedomani dan ditindaklanjuti oleh masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim terkait, karena data yang disusun sudah menjadi bahan koreksi bersama dan menggambarkan keadaan menyeluruh dan responsif diberbagai bidang permasalahan gender dan anak meliputi aspek keluarga, pendidikan, dan kesehatan.
Ia menegaskan buku profil ini bisa digunakan Pemkab Muara Enim untuk mengambil kebijakan selain untuk meningkatkan pemahaman permasalahan gender dan anak.
“Namun demikian, mengatasi permasalahan gender dan anak akan berhasil tentunya harus mendapatkan dukungan dari semua pihak dan harus ditindaklanjuti oleh OPD,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Muara Enim Vivi Mariani mengatakan bahwa keterlibatan 20 OPD Pemkab Muara Enim dilibatkan dalam penyusunan buku profil gender dan profil anak.
“Penyusunan buku ini bertujuan memberikan acuan kepada Pemkab Muara Enim sehingga data yang dikumpulkan bisa menjadi informasi dalam pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan di Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.
Sementara Haris Muzaki dari Lembaga Pengkajian Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang selaku Tim Ahli Penyusunan Buku Profil Gender dan Profil Anak Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa penyusunan buku profil langsung melihat permasalahan gender dan permasalahan anak yang muncul dalam pembangunan di Kabupaten Muara Enim.
Turut hadir pada kegiatan paparan akhir penyusunan buku profil gender dan profil anak Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim tahun 2022
yaitu Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Muara Enim Harson Sunardi, dan Perwakilan dan OPD Pemkab Muara Enim terkait. (ri-ns)

Foto : Kegiatan penyusunan buku gender. (ri-ns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.