Pj. Sekda Buka Pelatihan UMK

Pj. Sekda Buka Pelatihan UMK

MuaraEnim, rubrikini.co.id – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) Kabupaten Muara Enim mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) se – Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Serasan Sekundang, Rabu (13/7/2022).           

         

Pada kesempatan ini, Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj) Sekda Muara Enim Riswandar, mengucapkan ‘Selamat Hari Koperasi Nasional’ dan ‘Selamat Datang Kepada Narasumber Di Bumi Serasan Sekundang’.

Pj. Sekda mengatakan bahwa salah satu Prinsip pemberdayaan UMKM     antara lain, penumbuhan kemandirian, kebersamaan, dan kewirausahaan UMKM untuk berkarya dengan prakarsa sendiri, pengembangan usaha berbasis potensi daerah dan berorientasi pasar sesuai dengan kompetensi UMKM serta peningkatan daya saing UMKM.

Tentunya hal ini tidak mudah untuk diimplementasikan namun apabila kita bersungguh – sungguh bukan suatu yang mustahil dapat tumbuh wirausahawan  yang handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat serta akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah.

Pj. Sekda menegaskan dengan segala  potensi yang ada, ditambah dukungan semua pihak, termasuk pendampingan badan usaha  sebagai mitra UMKM maupun dukungan perbankan melalui penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR)  yang inklusif, peran pelaku UMKM  terhadap perekonomian daerah diharapkan mampu menjadi pemicu akselerasi (percepatan) target pengentasan kemiskinan.

“Dengan pelatihan ini, saya yakin akan bermunculan para pelaku usaha, khususnya generasi muda yang handal dan produktif sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah serta mewujudkan Kabupaten Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas KUKM Muara Enim Husin Aswadi, menerangkan maksud dan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi pelaku usaha mikro kecil serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku UMK, sehingga dapat membentuk wirausahawan yang kreatif dan handal. 

Sedangkan untuk peserta berasal dari para pelaku usaha mikro kecil dalam Kabupaten Muara Enim sebanyak 50 (lima puluh) orang dibagi menjadi  2 (dua) angkatan yang mengikuti pelatihan dari 13 – 15 Juli 2022 di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim. 

Adapun Narasumber kegiatan yaitu Adi Daen Fahmi dari Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Yurnalis Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Wawan Gunawan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Selatan, dan Akbar Saefudin, dari Bappeda Kabupaten Muara  Enim. (ri-zi)

Foto : Pelatihan yang melibatkan pelaku UMK. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.