Jaga Ekosistem Laut, PTBA Tanam Terumbu Karang

Jaga Ekosistem Laut, PTBA Tanam Terumbu Karang

Lampung, rubrikini.co.id – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama Lampung Underwater Community menggelar penanaman dan perawatan terumbu karang di Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung, Minggu (20/2/2022). Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud komitmen PTBA untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals /SDG’s) dalam menjaga ekosistem laut. Konservasi terumbu karang juga menjadi bagian rangkaian HUT ke-41 Bukit Asam yang mengusung tema “Bukit Asam untuk Kehidupan Lebih Baik”. 

General Manager Bukit Asam Pelabuhan Tarahan Dadar Wismoko mengungkapkan kegiatan ini telah dan akan dilakukan secara berkesinambungan di berbagai lokasi di sepanjang pesisir pantai Lampung.

“Pesona bawah laut dan pesisir pantai di Provinsi Lampung sudah terkenal di kancah nasional maupun internasional. Potensi wisata yang sangat besar ini perlu dijaga untuk meningkatkan perekonomian daerah,” tutur Dadar.
Program konservasi terumbu karang di Pulau Pahawang menggunakan bibit hasil penanaman terumbu karang Bukit Asam pada 2016. Jenis terumbu karang yang ditanam terdiri dari Montipora danaeAcropora ocuminata, dan Acropora micropthalma.

Penanaman dilakukan dengan memotong bibit terumbu karang sesuai media atau rak yang telah disiapkan. Bibit lalu ditanam dan diikat agar tidak hanyut tergulung ombak. Rak bibit kemudian disebar di beberapa titik bawah laut sekitar Pulau Pahawang. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula pengecekan perkembangan terumbu karang dari program penanaman sebelumnya di Pulau Mahitam dan titik penyelaman Cukuh Bedil.

Berita & Foto : Humas PTBA

Editor : Heru Fachrozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.