Iko Gusman Nahkodai PDBI Muara Enim

Iko Gusman Nahkodai PDBI Muara Enim

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Iko Gusman resmi menahkodai kepengurusan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Muara Enim masa bakti 2021 – 2025. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Plasa SMK Negeri 1 Muara Enim, Kamis sore (7/10/2021).

Foto 1.

Ketua PDBI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Riza Pahlevi yang langsung memimpin pelantikan menetapkan sejak tanggal 7 Oktober 2021 susunan Kepengurusan PDBI Kabupaten Muara Enim masa bakti 2021 – 2025 dengan Ketua Umum dijabat Iko Gusman, Wakil Ketua Yandra, Sekretaris Umum Misniati, Bendahara Kahfi Al Furqon dan Ketua Bidang – Ketua Bidang.

Mengawali sambutannya, Iko Gusman mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih tak terhingga atas bantuan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Forkompimda Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Provinsi Sumsel, Pengprov PDBI Sumsel, Dinas Kependidikan dan Kebudayaan Muara Enim, KONI Muara Enim, dan Porsiba serta pihak sekolah – sekolah yang telah memberikan dukungan penuh sehingga pelantikan PDBI Muara Enim ini dapat terlaksana dan berjalan lancar.

Ia mengatakan bahwa keberadaan Drumband dan Marchingband di Kabupaten Muara Enim bukan merupakan hal yang baru.  Saat ini sebagian besar sekolah baik di tingkat dasar hingga universitas telah menjadikan marchingband dan drumband sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan beberapa BUMN di Kabupaten Muara Enim seperti PT Bukit Asam Tbk telah memiliki Marchingband dan menjadi wadah kreatifitas dalam bermusik dan mengembangkan diri bagi masyarakat sekitarnya.

Marchingband dan Drumband yang dulunya hanya dikenal masyarakat sebagai kelompok musik yang hadir saat karnaval, kini telah semakin berkembang. Pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Kalimantan pada tahun 2008 untuk pertama kalinya Marchingband masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Tentunya hal ini merupakan langkah besar bagi kemajuan Marchingband dan Drumband di Indonesia.

Tidak hanya itu hadirnya PDBI juga diharapkan mampu menjadi pendorong sektor pariwisata melalui pelaksanaan event baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Begitupun PDBI Muara Enim, Iko Gusman menegaskan akan berusaha mewadahi kelompok-kelompok Marchingband dan Drum Bund yang ada di Muara Enim sehingga menjadikan Marchingband dan Drumband menjadi kegiatan yang prestige, membanggakan bagi atlit dan pencintanya.
Sehingga nantinya, dapat membentuk generasi yang berkualitas, memiliki skil, berkarakter, disiplin dan memiliki jiwa korsa atau kekompakan yang tinggi.

“Hal ini sejalan dan dapat mendukung visi Kabupaten Muara Enim, “Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.” Dan melalui Marchingband dan Drumband siap untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan atau acara Kabupaten Muara Enim,” ujar Iko Gusman.

Ketua PDBI Provinsi Sumsel Riza Pahlevi yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sumsel mengucapkan selamat kepada Kepengurusan PDBI Kabupaten Muara Enim masa bakti 2021-2025 yang baru saja dilantik.

Foto 2.

Riza mengatakan seraya berharap kehadiran PDBI bukan hanya penggerak sumber daya manusia dan pelatih. Akan tetapi, peran PDBI diharapkan bisa membantu Pemerintah Daerah untuk penarik sektor pariwisata baik pada event tingkat Kabupaten, Kota maupun Provinsi.

Untuk itu, kepada PDBI di Kabupaten/Kota se-Sumsel untuk senantiasa dalam akronim SEHAT untuk selalu bersinergi dalam silaturahmi, ciptakan suasana empati, tunjukan sikap harmonis, tata kelola administrasi harus baik, dan harus memiliki sikap yang tangguh.

“PDBI Sumsel Kabupaten Kota SEHAT. Yes, Yes,” ucap Riza dengan semangat.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Sekda Muara Enim Emran Thabrani mewakili Bupati Muara Enim mengucapkan secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim selamat dan sukses kepada Kepengurusan PDBI Kabupaten Muara Enim masa bakti 2021-2025, semoga keberadaan PDBI bisa membuat marchingband dan drumband di Kabupaten Muara Enim semakin maju dan berprestasi.

Ia mengatakan bahwa PDBI bisa menjadi motor penggerak sumber daya manusia, dan hadirnya juga bisa menjadi pendorong sektor pariwisata hiburan yang hingga akhirnya bisa menarik wisatawan lokal dan mancanegara di Bumi Serasan Sekundang.

Pemkab Muara Enim mengapresi dan berkeyakinan kepada kepengurusan yang baru ini akan membawa energi baru dengan program – program yang berkualitas.

Kemudian diharapkan PPDI Kabupaten Muara Enim untuk fokus pada pembinaan generasi muda dengan melakukan kolaborasi – kolaborasi dengan semua pihak.

“Dengan etos kerja yang SEHAT tadi kami yakin marchingband dan drumband di Kabupaten Muara Enim akan lebih maju,” ujar¬† Pj. Sekda. (ri-zi)

Keterangan Foto :

Foto 1. : Iko Gusman memberikan sambutan. (ri-zi)

Foto 2. : Prosesi pengambilan sumpah jabatan Kepengurusan PDBI Kabupaten Muara Enim masa bakti 2021-2025. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *