Pemkab Dukung Gerakan SMP

Pemkab Dukung Gerakan SMP

Menurut Penjabat (Pj.) Sekda Muara Enim Emran Tabrani saat menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Pertanian TPH Sumsel Bambang Pramono yang didampingi jajarannya di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa sore (5/10/2021), kehadiran Gerakan Sumsel Mandiri Pangan bisa membantu pengoptimalan pertanian sawah padi yang ada di Kabupaten Muara Enim, karena padi yang dihasilkan dari area persawahan di Kabupaten Muara Enim memberikan kontribusi pada ketahanan pangan di Sumsel.

Maka dari itu, Pj. Sekda mengatakan seraya meminta kepada Dinas Pertanian dan TPH Kabupaten Muara Enim mulai besok yaitu Rabu 6 Oktober 2021 untuk turun kelapangan melibatkan Dinas terkait dalam lingkup Pemkab Muara Enim guna melakukan pendataan ulang terhadap data Rumah Tangga Miskin (RTM) dari data Pemerintah Provinsi Sumsel yang benar – benar berhak menerima manfaat program ini.

Selain dilakukan pengecekan data RTM juga dilakukan pendataan komoditi apa yang memang cocok diterima RTM. Bila tidak dicocok bisa memungkinkan dapat digeser jenis komoditi bantuan yang diberikan.

Kemudian optimalkan peran tenagan penyuluh yang diberikan tugas mengawal dan mengawasi program Gerakan SMP ini, karena bantuan yang diberikan bukan uang melainkan barang.

“Sebelum dilounching pada akhir Oktober 2021 ini siapkan satu kecamatan satu desa yang menjadi wilayah percontohan untuk program ini. Semoga dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini bisa berhasil sehingga masyarakat miskin terangkat martabatnya,” ungkap Pj. Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian TPH Sumsel Bambang Pramono menyampaikan bahwa Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) merupakan kemandirian pangan Sumsel dimulai dari kemandirian pangan tingkat rumah tangga.

Kemudian Gerakan SMP ini dimana kondisi masyarakat yang mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui pengembangan ketersediaan, distribusi, dan konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya setempat secara berkelanjutan.

“Sedangkan rencana paket bantuan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) seperti sayuran, buah, ikan, dan ternak,” ungkap Kepala Dinas Pertanian TPH Sumsel.

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian dan TPH Muara Enim, Kepala Dinas Perikanan Muara Enim, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.