HNU Ingatkan 3 Pilar Ini

HNU Ingatkan 3 Pilar Ini

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Penjabat Bupati Muara Enim Haji Nasrun Umar (HNU) membuka Rapar Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tahun 2021 Kabupaten Muara Enim di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa (24/8/2021).

Turut hadir pada kesempatan ini Para Staf Ahli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Asisten II Pemkab Muara Enim Riswandar, Para Kepala Dinas lingkup Pemkab Muara Enim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, dan Narasumber kegiatan Kepala Dinas Sosial Muara Enim diwakili Sekretaris Dinas Soni Prihartono,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Rusdi Khairullah, M.Si, dan mewakili Kepala Badan Pusat Statistik Muara Enim Agus Arliansyah.

Dalam arahannya, HNU mengatakan bahwa  penyelesaian masalah kemiskinan tidak dilakukan secara parsial, dibutuhkan gerakan moral yang harus melibatkan semua sektor. Dikarenakan masalah kemiskinan merupakan masalah komplek dipengaruhi semua dimensi kehidupan.

Apalagi di masa pandemi saat ini kemiskinan belum ada penurunan malah semakin terpuruk signifikan yang tidak hanya terjadi di Kabupaten Muara Enim.

Maka dari itu, HNU menekankan dalam penyelesaian masalah kemiskinan perlu menempatkan tiga pilar yang menjadi acuan kita bersama, yaitu Lokus (lokasi fokus) atau pemilihan lokasi yang tepat menjadi fokus terjadinya masalah kemiskinan, fokus dalam artinya penyelesaian kemiskinan harus fokus dan memahami betul apa yang menjadi penyebab terjadinya kemiskinan, dan kelompok penerima, artinya kelompok penerima harus benar – benar warga yang berhak menerima bantuan dan harus tepat sasaran.

Upaya yang bisa dilakukan lanjutnya pemutakhiran data terkait nama alamat dan nomor induk kependudukan. Bersama – sama mengindikasikan dan mencari solusi pengentasan kemiskinan.

“Pengentasan kemiskinan bukan hanya tugas pemerintah saja tapi semua stakeholder harus terlibat, sesuai dengan tugas pokok masing – masing,” ujarnya.

“Dengan penyelesaian secara terpadu  masalah kemiskinan dengan harapan bisa tercapai Kabupaten Muara Enim yang Sehat, Mandiri, Agamis, Sejahtera dan Berdaya Saing,” pungkas HNU.

Berita & Foto : muaraenimkab.go.id

Editor : Heru Fachrozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.