Muara Enim Segera Miliki UPTD PPA

Muara Enim Segera Miliki UPTD PPA

MuaraEnim, rubrikini.co.id – Penjabat Bupati Muara Enim Nasrun Umar melalui Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Ir. Maryana membahas bersama Jajarannya di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Kamis (24/6/2021), terkait Kabupaten Muara Enim akan memiliki Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) dibawah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPA) Muara Enim.

Asisten III mengatakan pembentukan UPTD PPA harus memperhatikan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), pembiayaan dan jabatan fungsional. Jangan sampai setelah keluar peraturan bupati dan dibentuk UPTD PPA ada kendala pada tiga hal ini.

Kemudian untuk diperhatikan pemilihan lokasika kantor, apakah berkantor di kantor dinasnya atau berkantor di wilayah yang strategis mudah dijangkau oleh masyarakat. Karena tujuan dari pendirian UPTD PPA ini untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

Contohnya, kantor BP4K pada waktu itu memiliki kantor yang berkedudukan di wilayah yang memang masyarakatnya jauh untuk ke pusat pemerintahan guna mendapatkan pelayanan. Begitu juga, perlu dikaji lokasi penempatan kantor.

“Karena UPTD PPA ini berdiri untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” ujar Asisten.

Sementara itu Kepala DPPA Muara Enim Vivi Mariani menerangkan bahwa UPTD PPA dibentuk untuk menerima pengaduan masyarakat terkait kekerasan yang dialami anak dan perempuan.

Disampaikannya bahwa untuk tugas pokok dan fungsi dari UPTD PPA ini mulai menerima pengaduan adanya tindakan kekerasan yang menimpa perempuan dan anak, pendampingan korban baik dari sisi hukum dan kesehatan sampai pembiayaan dan rumah amannya.

“Pembentukan UPTD PPA ini sesuai amanat Kementerian dan Rakornas yang mewanti – wanti setiap daerah membentuk UPTD PPA,” kata Vivi. (ri-ar)

Keterangan Foto :

Rapat pembahasan pembentukan UPTD PPA. (ri-ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.