Plt. Bupati Dan Jajaran Dengar Arahan Mendagri

Plt. Bupati Dan Jajaran Dengar Arahan Mendagri

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara Enim, Juarsah dan Jajaran mendengarkan arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian,

Disampaikan Tito bahwa adanya virus covid-19 ini berimbas kepada keuangan negara untuk itu kita harus menjaga agar keuangan negara tidak terlalu dalam merosotnya.

Telah diterbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 1 tahun 2020 tantang pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah.

Adapun isi Inmendagri yang dimaksud pertama yaitu, untuk melakukan percepatan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) dan perubahan alokasi anggaran untuk virus covid meningkatkan kapasitas penangan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaringan pengamanan sosial, kedua, melakukan koordinasi dengan forkopimda, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat/agama untuk tidak mudik guna menghindari virus covid-19 dan memberikan arahan secara berjenjang sampai tingkat desa untuk menghindari stigma negatif yang berlebihan terhadap pemudik, ketiga, memastikan dan mengawasi kecukupan dan kelancaran distribusi sembako di daerah.

Kemudian, keempat refocusing dan perubahan alokasi anggaran dilakukan dalam jangka waktu paling lama tujuh hari sejak dikeluarkanya instruksi menteri, dan kelima, Pemda yang belum melaksanakan percepatan refocusing dan perubahan alokasi anggaran dilakukan dalam jangka waktu tujuh hari akan dilakukan rasionalisasi dana transfer.

“Serta terakhir secara berjenjang melakukan pembinaan dan pengawasan atas pelaksanaan inmendagri ini,” ungkap Tito. (humaspro)

Keterangan Foto :
Plt. Bupati dan jajaran saat mendengarkan arahan Kemendagri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.