Hari Proklamasi Diisi Lomba Tradisional

Hari Proklamasi Diisi Lomba Tradisional

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Dalam rangka memeriahkan Hari Proklamasi Republik Indonesia ke-74 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) menggelar beragam lomba olahraga tradisional, di Lapangan Merdeka, Selasa (6/8/2019).

Lomba yang dibuka Bupati Muara Enim,  Ahmad Yani, melalui Kepala Dispora, Rusdi Khairullah, mengatakan lomba olahraga tradisional diikuti Dinas, Instansi dan masyarakat umum dalam wilayah Kabupaten Muara Enim yang total jumlah peserta lombanya berjumlah 933 orang terdiri dari 131 orang (lomba engrang), 134 orang (lomba terompa panjang/bakiak), dan 80 tim (lomba tarik tambang).

Menurut Rusdi lomba yang berlangsung dari 6-8 Agustus 2019 ini perlu dihadirkan kembali sebagai wujud pelestarian dan sarat akan muatan positif. Sebab, olahraga tradisional terancam punah, yang secara sadar atau tidak, generasi terdahulu sudah enggan mengajak serta anak – anak bermain permainan tradisional.

Padahal, banyak makna dapat diperoleh dari bentuk – bentuk permainan tradisional diantaranya mengasah kerjasama tim, daya konsentrasi, dan mempererat modal sosial seperti pertemanan dan bergotong royong.

Disisi lain, lanjut Rusdi, Pemkab Muara Enim memiliki konsen untuk pembinaan olahraga prestasi dan olahraga tradisional. Kedua olahraga ini, sama – sama mempunyai jenjang dari daerah, nasional dan internasional. Bedanya, olahraga prestasi ada medali dan prestasi, sedang olahraga tradisional lebih ke silaturahmi dan rekreasi.

Lomba tradisional isi peringatan hari proklamasi.

“Kalau olahraga prestasi dibawah KONI sedangkan olahraga tradisional dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Indonesia (Formi). Kedepan harapannya olahraga ini terus digalakan dan dapat disejajarkan dengan olahraga prestasi lainnya,” harap Rusdi. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.