Asisten II Nilai Izin Perusahaan Ini Keliru

Asisten II Nilai Izin Perusahaan Ini Keliru

Asisten II saat menerima paparan perusahaan. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Bertempat di Ruang Rapat Sekundang, Kamis (01/08), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Asisten II, Drs. Amrullah Jamaludin, menerima kedatangan Investor yakni PT. Dizamatra Powerindo.

Dalam arahannya, Asisten II mengatakan untuk permohonan izin lokasi Container Yars yang diajukan PT. Dizamatra Powerindo dinilai keliru. Soalnya, izin lokasi Container Yard yang diajukan bukan izin lokasi jalan khusus batubara. Sehingga izin jalannya belum ada.
“Harusnya izin yang diajukan PT. Dizamatra Powerindo adalah izin lokasi jalan bukan izin lokasi kontainer,” kata Asisten II.

Pada prinsipnya, Pemkab Muara Enim mendukung dan mempercepat perizinan investasi dan kesannya tidak ingin menghambat.
“Kita ingin pengusaha nyaman berusaha, namun pemerintah, masyarakat dan lingkungan tidak terganggu dan merugikan pihak lain dengan aktifitasnya. Dan pada prinsipnya Pemkab Muara Enim mendukung ivestasi dari manapun asal tidak bertentangan dengan peraturan berlaku,” tegas Asisten II.

Sementara itu, Kepala Tekning Tambang PT. Dizamatra Powerindo, Julihandis, menerangkan bahwa pada tahun pertama akan melakuman pengangkutan batubara dari Kabupaten Lahat menggunakan gerbong sebanyak 2 juta ton dan akan terus ditingkatkan menjadi 4 juta ton dengan menggunakan kontainer milik sendiri, melontasi jalan raya sejauh 8 km, setelah itu kontainer dipindahkan diatas kereta api di Desa Sukacinta, Kabupaten Lahat.

Hingga akhirnya batubara dibawa kereta api melintasi Kabupaten Muara Enim sepanjang 142 km dan berhenti di Serdang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim yang dilanjutkam ke Pelabuhan Patra Tani dengan menggunakan trum sepanjang 20 km melalui jalan khusus batubara milik sendiri. “Sedangkan angkutan sekitar 2-4 trip / hari menggunakan dua lokomotif dengan 60 gerbong setiap rangkaian yang akan mengangkut 3000 ton / hari atau sekitar 1.005.000 ton / tahun,” urai Julihandis. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.