Juarsah Minta Perangkat Daerah Kelola Arsip Lebih Maksimal

Juarsah Minta Perangkat Daerah Kelola Arsip Lebih Maksimal

Juarsah saat membuka rapat pengelolaan arsip.

MuaraEnim  – rubrikini.co.id, Wakil Bupati (Wabup) Muara Enim, Juarsah, membuka penyuluhan kearsipan angkatan I di Ballroom Griya Serasan Sekundang, Selasa (18/6/2019).
Pada kesempatan ini, Wabup meminta kepada setiap Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk lebih terampil dan mengelola kerarsipan lebih maksimal dengan meningkatkan pengetahuan dalam kelola kearsipan secara efektif.

Menurut Wabup, arsip yang dibuat lembaga pemerintahan dan lembaga lain termasuk arsip yang dibuat perusahaan maupun pribadi memegang peranan penting dalam menentukan kebijakan baik kebijakan di tingkat Nasional maupun Daerah. Apalagi sekarang ini dengan sistem electronic akses untuk menemukan arsip semakin dibutuhkan cepat.

Selain itu, arsip sendiri perlu dilestarikan sebagai pedoman untuk pembangunan bangsa dan khususnya pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Muara Enim.

“Diharapkan dengan penyuluhan ini menjadi sarana Perangkat Daerah untuk lebih maksimal mengelola dan menyimpan arsip di masing OPD,” ujar Wabup.

Ditambahkan Kepala Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Muara Enim, Maryana, bahwa penyuluhan arsip ini diikuti 80 OPD, 20 Sekcam dan 20 Sekdes, dengan Narasumber, Gunawan dari Kearsipan Nasional Wilayah 2.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada Perangkat Daerah bahwa kearasipan adalah kebutuhan, sebab segala aktifitas Dinas akan membutuhkan informasi salah satunya dari sumber arsip yang menunjang administrasi,” terang Maryana. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.