Aplikasi Desa Online Dukung Program #MERAKYAT ‘Dusun Semarak’

Aplikasi Desa Online Dukung Program #MERAKYAT ‘Dusun Semarak’

Emran Thabrani didampingi Zulkopli bersama peserta Bimtek aplikasi desa online usai kegiatan Bimtek aplikasi desa online. (ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Dinas Pemerintahan Desa Dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Kabupaten Muara Enim mengakhiri kegiatan bimbingan teknis (Bimtek)  pengelolaan aplikasi desa online di Aula Griya Hotel Serasan Sekundang.

Bimtek yang pada 23 April 2019 dibuka Bupati Muara Enim, Ahmad Yani, MM dan pada Kamis 25 April 2019 diwakili Kepala Dinas PDPM,  Emran Thabrani, menutup kegiatan yang diikuti 40 peserta.

Emran mengatakan bahwa adanya aplikasi desa online sangat mendukung program #MERAKYAT berupa Dusun Semarak. Dimana, dalam program Dusun Semarak ada integrasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik dan publikasi potensi desa.

Contohnya, nanti dengan aplikasi desa online warga dusun cukup melaporkan data diri untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) ke Desa, hingga nantinya cukup di Pemerintah Kecamatan melakukan pembuatan KTP dan KK. Artinya, cukup persyaratan saja yang dibawa ke Kantor Desa, sehingga pembuatan KTP dan KK tidak perlu jauh – jauh ke Kota Muara Enim. “Nanti masyarakat tidak perlu berbondong – bondong ke Kota Muara Enim buat KTP dan KK, pelayanan lebih transparan, mudah dan murah,” kata Emran.

Dilanjutkan Emran, sinergi antara aplikasi desa onlien dengan ‘Dusun Semarak’ bisa mengangkat potensi desa yang bisa dipromosikan melalui website desa masing – masing. Maka dari itu, setiap admin menjadi ujung tombak di desa – desa dan harus handal dalam menghimpun data – data baik data diri masyarakat untuk pembuatan KTP dan KK maupun dalam mempromosikan potensi desa.

“Untuk itu para admin ini setelah bimbingan teknis ini, pulang ke desa segera melaporkan ke desa, lapor dengan pak kades guna mengitegrasikan dan mengimplementasikan masukam seluruh informasi di desa agar bisa di upload atau dibuka oleh publik,” pinta Emran didampingi Kepala Bidang Sosial Budaya Dinas PDPM Muara Enim, Zulkopli. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.