Dinas Kominfo Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penggunaan Aplikasi SPSE 4.3

Dinas Kominfo Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Penggunaan Aplikasi SPSE 4.3

Kominfo saat menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi 4.3.(ri-zi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Kegiatan sosialisasi dan simulasi penggunaan SPSE versi 4.3 yang digelar Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Muara Enim di Ruang Rapat Bappeda Muara Enim, Rabu (27/3/2019) dibuka Wakil Bupati Muara Enim, Juarsah.

Menurut Juarsah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, telah berdampak pada perubahan mendasar yang membawa bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pengembangan aplikasi di bidang pengadaan barang / jasa pun tak luput dari perhatian pemerintah dengan menerapkan aplikasi Layanan Pengadaan Barang / Jasa Secara Elektronik (LPSE).

Pengadaan barang / jasa pemerintah merupakan salah satu aktifitas yang sering mendapat sorotan. Dalam beberapa tahun terakhir, permasalahan dalam pengadaan barang / jasa pemerintah mulau berkurang sejak adanya sistem pengadaan secara elektronik.

Dengan adanya sosialisasi ini, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk memberikan pemahaman kepada pengguna aplikasi yaitu PPK, panitia pengadaan, pejabat pengadaan dan penyedia barang / jasa agar dapat menggunakan aplikasi pada proses pengadaan barang / jasa pemerintah secara elektronik sesuai dengam standar operating procedure dan standar pelayanan, untuk mendukung terwujudnya pengadaan barang / jasa yang bersih, profesional dan kredibel di Kabupaten Muara Enim.

“Maka dari itu, prinsip – prinsip e-procurement yaitu efisiensi, efektifitas, akuntabilitas, keadilan dan transparansi dalam hal pengadaan barang / jasa pemerintah harus dijalankan PPK, panitia pengadaan, pejabat pengadaan dan penyedia barang / jasa, agar berhasilnya formulasi kebijakan pemerintah di daerah yang akan menjamin kondisi pembangunan daerah yang berkelanjutan dan apa yang telah direncanakan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal,” ungkap Juarsah didampingi Kepala Dinas Kominfo Muara Enim,  Ardian Arifanardi.

Sementara itu, Khairul B, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Muara Enim, selaku Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa sosialisasi penggunaan dan simulasi SPSE 4.3 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM dibidang pengadaan barang / jasa khususnya mengenai pengadaan secara elektronik, dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman lelang elektronik bagi penyedia barang / jasa di lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan selama satu hari ini diikuti peserta dari 34 PPK OPD Kabupaten Muara Enim, 20 PPK Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim, 15 Pokja Bagian Pengadaan Barang  / Jasa dan Penyedia dalam Kabupaten Muara Enim, dan 20 Penyedia dalam Kabupaten Muara Enim.

“Sedangkan narasumber berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Penyediaan Barang / Jasa (LKPP), Bank Sumsel Babel Muara Enim, Perwakilan PT Myacico Global Indonesia dan LPSE Kabupaten Muara Enim,” beber Khairul. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.