KEK Bukit Asam Diminta Kontribusi Ke Daerah

KEK Bukit Asam Diminta Kontribusi Ke Daerah

KEK Batam. (Ilustrasi)

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Wilayah Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, dalam waktu dekat akan menjadi KEK Bukit Asam atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) layaknya di Batam Riau. Keputusan ini merupakan kesepakatan dari tiga Kementerian, sehingga KEK Bukit Asam berdiri

Namun tidak dipungkiri, adanya KEK Bukit Asam nantinya, menurut Kepala Dinas Perdagangan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Kepala Bidang ESDM, Edi Erson, selain membuat perkembangan dan kemajuan Kabupaten Muara Enim bisa membuat kesenjangan, baik dari sisi pendapatan asli daerah maupun bidang ketenagakerjaan.

Maka itu, KEK Bukit Asam harus memberikan kontribusi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim dan juga memberikan kontribusi yang menguntungkan masyarakat Kabupaten Muara Enim. Sebab, dampak dari adanya KEK Bukit Asam ini pasti akan berdampak pada daerah Kabupaten Muara Enim.

Edi menceritakan singkat bahwa di KEK Bukit Asam akan mengolah batubara menjadi setengah jadi dengan sebutan industri hilirisasi. Dengan proses gasifikasi batubara aka menjadi gas cair batubara.

“Harapannya berdirinya KEK Bukit Asam daerah Kabupaten Muara Enim lebih cepat maju, dan pihak KEK Bukit Asam lebih memperhatikan dari sisi tenaga kerja lokal dan kelestarian lingkungan,” pinta Edi. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.