Cascading Nilai Rendah, Bupati : Artinya Tidak Sejalan Dengan Visi Misi Bupati

Cascading Nilai Rendah, Bupati : Artinya Tidak Sejalan Dengan Visi Misi Bupati

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Bupati Muara Enim Ahmad Yani kecewa dengan masih banyaknya cascading bernilai rendah yang didapat Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

Bupati saat memimpin rapat cascading. (ri-zi)

Bupati merasa sia – sia terhitung sejak 3 bulan lalu proses cascading, masih terlihat Perangkat Daerah ada yang belum memahami dan ada juga yang masih menyesuaikan. Padahal sudah diberikan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) bersama Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemen PAN RB Ronald Andrea Annas.

“Belum ada keseriusan dan belum maksimal dari Perangkat Daerah dalam penyusunan cascading kinerja. Cascading masih dianggap hanya formalitas,” ketus Bupati saat rapat evaluasi SAKIP tentang Cascading Kinerja Perangkat Daerah di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Rabu (2/1/2019).

Padahal menurutnya, cascading sangat penting guna pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana pada saat Pilkada dan nanti akan dituangkan dalam RPJMD.

Maka dari itu, diminta Kepala Perangkat Daerah yang dinasnya masih kurang dan masih ada catatan kedepannya untuk berkonsultasi di desk. Sebab, untuk mendapatkan nilai SAKIP A tidak cukup mengirimkan eselon III,  tidak cukup bagian perencana yang diturunkan  harus langsung kepala dinasnya, disinilah tugas dibebankan ke Kepala Dinas untuk menjalankan mesinnya.

Sedikit mengulas, lanjut Bupati dihadapan Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Kepala Seksi bahwa cascading yang dibuat Perangkat Daerah masih belum memahami apa yang ingin dicapai bersama, sebagian besar masih mengikuti kotak – kotak yang ada atau bidang – bidang yang ada, dan bukan apa yang ingin dicapai kedepan. Kalau tidak ada fungsinya bisa saja nanti kotak dilebur agar efisiensi, bila kurang kotak bisa saja ditambah.

Hasil cascading hari ini, merupakan tahap final sebelum dibawa ke Kemen PAN RB sehingga kita bisa mencapai apa yang diharapkan bersama. Hari ini merupakan penegasan khusus bagi Perangkat Daerah yang nilainya masih tidak bagus.

Disampaikannya, Perangkat Daerah Pemkab Muara Enim yang aman seperti Inspektorat, Dinas Pemerintahan Desa, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perumahan Pemukiman.

“Gunakan waktu kesempatan ini untuk konsultasi di desk masing – masing. Yang tidak sesuai dan yang tidak serius nanti terlihat, cascadingnya tidak bagus akan dibintangi. Tidak bagus cascadingnya berarti tidak terpenuhi nilainya dan tidak sejalan dengan visi dan misi Bupati, seperti itulah nanti,” pinta Bupati seraya menegaskan.

Pada kesempatan ini, Sekda Muara Enim Hasanudin menambahkan untuk Perangkat Daerah yang nilainya masih ada dibawah standar yaitu C CC B untuk memanfaatkan konsultasi di desk.

“Target minimal B, kalau ada nilai A yang didapat Perangkat Daerah lebih baik lagi,” kata Sekda. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.