Bidiksiba Kembali Diberikan PTBA

Mustafa Kamal saat memberikan paparan mengenai Bidiksiba. Tampak pula Kanthi Miarso bersama perwakilan siswa dan siswi dari utusan sekolah./ri-zi

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Program Beasiswa pendidikan sekitar bukit asam (Bidiksiba) dari PT Bukit Asam (PTBA) melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) kembali digulirkan tahun 2018 ini.

Bertempat di GSG Lantai 4 PTBA Tanjung Enim, Rabu (4/4), dilakukan sosialisasi Bidiksiba oleh Pihak PTBA kepada seluruh pihak – pihak terkait.

Menurut Senior Manager CSR PTBA, Kanthi Miarso, program Bidiksiba merupakan bentuk sumbangsih BUMN untuk mencerdaskan bangsa sesuai dengan visi PTBA menuju perusahaan kelas dunia dan peduli lingkungan.

“Yang akhirnya melalui Bidiksiba untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, selain untuk mengentaskan kemiskinan,” terang Kanthi.

Lanjut Kanthi bahwasanya program Bidiksiba yang masuk tahun ke delapan ini menyasar masyarakat di ring atau sekitar wilayah operasional PTBA baik di Tanjung Enim, Palembang, Tarahan Lampung, dan Sawah Lunto Padang dengan seleksi menggunakan kriteria tertentu.

“Kuota penerimaan Bidiksiba tahun kemarin 25 orang, mudah – mudahan tahun ini harus lebih dari 25 orang,” harapnya.

“Saya yakin lulusan mahasiswa Bidiksiba secara teknis dan psikologis bisa masuk PTBA. Dan untuk tahun ini, mahasiswa Bidiksiba kuliah di Poltek Negeri Malang dan Poltek Negeri Sriwijaya semoga setelah lulus bisa berkiprah dan mengembangkan desa masing -masing,” ungkap Kanthi.

Ditambahkan Ketua Panitia Bidiksiba tahun 2018, Mustafa Kamal, bahwa program Bidiksiba diberikan kepada siswa / i SLTA sederajat dari keluarga kurang mampu, sedangkan pendaftaran dimulai 9 hingga 25 April 2018, dan pengumuman kelulusan 12 Juni 2018.

“Jenis beasiswanya berupa bantuan biaya pendidikan Perguruan Tinggi meliputi biaya UKT, asrama, biaya buku, biaya pembinaan, uang tugas akhir dan uang saku sampai dengan selesai kuliah dan lulus menjadi sarjana,” papar Mustafa.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Muara Enim, Muzakar, mewakili Bupati Muara Enim, mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada PTBA, karena tanpa bantuan disayangkan dengan potensi generasi muda yang dapat berkiprah dan bertanggung jawab ke daerah.

Sementara itu, Febri, mahasiswa Bidiksiba yang kini masih menjalani perkuliahan di Poltek Negeri Sriwijaya mengucapkan terima kasih atas bantuan PTBA yang membuat dirinya bisa kuliah di perguruan tinggi. Sebab, menurutnya tidak terbayang bisa kuliah pada program Bidiksiba.

“Ayo adik – adik terus bersemangat menatap masa depan, manfaatkan kesempatan berharga yang diberikan PTBA,” himbau Febri. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *