14 Desa Di 4 Kecamatan Dapat Replanting

14 Desa Di 4 Kecamatan Dapat Replanting

Bupati saat memimpin replanting sawit./ri-zi

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Tahun 2018 ini, 14 Desa di 4 Kecamatan mendapatkan program replanting (peremajaan) tanaman sawit.

“Program peremajaan kelapa sawit  sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu, akan tetapi masalah pendanaan yang menelan biaya yang cukup besar, sehingga baru ditahun 2018 ini terealisasi, lahan peremajaan mencangkup 14 Desa di 4 Kecamatan yakni Muara Enim, Gunung Megang, Rambang Dangku, dan Rambang,” ungkap Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, saat memimpin rapat terkait, Senin (12/3).

Muzakir mengatakan bahwa peremajaan kelapa sawit sejalan dengan perjanijan kerjasama antara Bupati Muara Enim dan Kementerian Desa tentang Pengembangan Produk Unggulan Tanaman Perdesaan (Prukades), pada Kamis (8/3) lalu.

Mengenai Prukades Muzakir sedikit menguraikan bahwa dengan Prukades untuk peningkatan potensi perdesaan melalui pembukaan lahan tanaman sawit untuk mempercepat pertumbuhan masyarakat perdesaan.

Lanjutnya, bahwa program Prukades
perlu adanya koordinasi antara Dinas Perkebunan dengan warga masyarakat terkait pembukaan lahan sawit yang akan dijadikan perkebunan kelapa sawit, jangan sampai lahan sawit yang sudah melakukan peremajaan menjadi sia-sia karena kurangnya sumberdaya manusia dalam mengelola lahan tersebut.

“Dinas terkait dan masyarakat perdesaan untuk bisa bersama-sama merawat dan memelihara tanaman kelapa sawit dengan bijak, guna memajukan Kabupaten Muara Enim menjadi lebih baik lagi, karena selain kopi Kabupaten Muara Enim juga terkenal dengan produk tanaman sawit,” terang Bupati. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.