Bupati Minta PNS Tidak Memihak Kepada Kepentingan Siapapun

Bupati Minta PNS Tidak Memihak Kepada Kepentingan Siapapun

Bupati saat menyampaikan pandangannya mengenai masalah terkait./ ri-zi

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Jelang Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Muara Enim 2018 mendatang,  Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal ini PNS Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk terlibat dalam politik praktis.

“PNS Pemkab Muara Enim harus mendukung azas netralitas yang berarti sebagai pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” tegas Muzakir saat paripurna DPRD Muara Enim, Senin (21/8/2017).

Penegasan terkait masalah ini, sambung Muzakir, dengan telah ada surat edaran yang dibuat Eksekutif dengan nomor 800/566/BKPSDM/2017 tanggal 26 Mei 2017 tentang netritas ASN pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati. “Dan telah disosialisasikan di setiap pertemuan dan rapat staf,” katanya.

Kemudian, pada Pasal 9 ayat 2 diterangkan bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Hal ini, berarti bahwa Pemerintah harus melindungi ASN dari intevensi politik dan dari tindakan semena – mena sesuai dengan prinsip undang-undang ASN.

“Larangan PNS terlibat politik praktis sendiri, ditegaskan pula pada Undang – undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dimana pada Pasal 2 huruf f bahwa PNS harus menjunjung tinggi azas netralitas pada masa Pemilukada,” jelas Bupati.

Pada pemberitaan sebelumnya, ditegaskan pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Adapun untuk sanksi yang diberikan sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yaitu PNS yang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik akan dijatuhi hukuman berupa diberhentikan dengan tidak hormat. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.