OPD Diminta Terus Berinovasi

OPD Diminta Terus Berinovasi

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Inovasi mendorong semua sisi melakukan perbaikan baik dari sisi perangkat lunak hingga pelayanan publik.

Hal diatas dikemukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim, Ir H Hasanudin, MSi, saat membuka sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan roadmap inovasi sektor publik, di Ruang Pangripta Bappeda Muara Enim, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya penyusunan roadmap inovasi menjadi rujukan bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) / Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan pelayanan ke masyarakat. Terlebih, reformasi birokrasi (RB) menjadi bagian program Kabupaten Muara Enim sejak beberapa tahun lalu dan terus dipantau.

Diceritakannya sejak tahun 1995, Kabupaten Muara Enim telah ditunjuk Pemerintah Pusat menjadi daerah percontohan otonomi bersama 26 kabupaten / kota lainnya. Ini berarti, sejak lalu dan terus dimasa – masa mendatang konsen pada inovasi.

“Kita memang aktif mengikuti regulasi dari pemerintah pusat dan aktif bersama lembaga daerah dan pusat bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui inovasi,” kata Sekda.

“Maka itu kita wujudkan pelaksanaan inovasi pelayanan publik yang sistematis, terencana, terarah, dan sinergis, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan kerjasama dengan LAN ini terus kita lanjutkan dan teruskan tingkatkan kualitasnya,” sambung Sekda.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr M. Aswan, MBA, mengatakan bahwa menurut survey bank dunia tahun 2013 faktor utama keunggulan suatu daerah 45 persen ditentukan inovasi dan 10 persen sumber daya alam. Contohnya, Singapura dan Korea Selatan yang maju akan inovasi padahal negara yang tidak masuk kategori usia tua dan bukan kaya sumber daya alam serta tidak memiliki wilayah yang luas.

“Artinya bila ingin maju maka inovasi dan kreativitas harus dijunjung,” kata Aswan.

Diakuinya, bahwa Kabupaten Muara Enim kabupaten ke-3 di Indonesia yang menyusun roadmap yang konsen melakukan perbaikan pelayanan sejak 2007, interaksi pelayanan publik. “Dan memiliki komitmen tinggi tersebut membawa Kabupaten Muara Enim lebih unggul dari kabupaten lain, dan saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan Kabupaten Muara Enim kepada LAN,” ucap Aswan.

Pada kesempatan ini, diikuti oleh 64 orang kepala SKPD dan pengelola keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim 26 – 27 April 2017. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.