Wabup : BUMDesa Harus Profesional Mandiri !

Wabup : BUMDesa Harus Profesional Mandiri !

Wabup saat membuka kegiatan pelatihan manajemen BUMDesa. / ri-zi

MuaraEnim – rubrikini.co.id, Melalui Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2016 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), Pemerintah Kabupaten Muara Enim berupaya mendorong pengembangan BUMDesa, melalui pelatihan keterampilan ini desa mampu menggali potensi yang ada guna mendorong pendirian BUMDesa yang profesional dan mandiri.

Penegasan diatas disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Muara Enim, H Nurul Aman SH, saat membuka pelatihan keterampilan manajemen BUMDesa, di Aula RSUD HM Rabain Muara Enim, Selasa (21/3/2017).

Menurut Wabup, BUMDesa merupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga – lembaga ekonomi desa dan merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam potensi yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa, melalui pengembangan usaha ekonomi masyarakat, serta memberikan sumbangan bagi peningkatan Pendapatan Asli Desa, yang memungkinan desa melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal, yang diperlukan perananan Pemerintah Desa membangun relasi antara desa dengan masyarakat.

“Harusnya, BUMDesa harus berpihak ke masyarakat dengan memberikan penyediaan pelayanan sosial, dan BUMDesa pula bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal ke pasar,” ujar Wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muara Enim, Drs Emran Thabrani, menambahkan melalui pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi manajerial pengurus BUMDesa, menggali potensi desa, dan mendorong desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Sedang untuk peserta perwakilan 1 desa per setiap kecamatan berjumlah 20 orang yang mengikuti pelatihan selama satu hari.

“Adapun narasumber kegiatan, yaitu pelaku BUMDesa Klaten Jawa Tengah, Tenaga Ahli PMD, Dinas PMD, Pimpinan BNI 46 Prabumulih, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” ungkap Emran. (ri-zi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.